Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Tipe Learning Start Wiht a Question metode diskusi dengan Strategi Everyone Is a Teacher here Metode Tanya jawab pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X AP SMK N 2 Padang

Ningsih, Silvia Sri (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Tipe Learning Start Wiht a Question metode diskusi dengan Strategi Everyone Is a Teacher here Metode Tanya jawab pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X AP SMK N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVIA_SRI_NINGSIH_05674_2117_2014.pdf] Text
final_B1_SILVIA_SRI_NINGSIH_05674_2117_2014.pdf

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Start Wiht a Question metode diskusi dengan Strategi Everyone Is a Teacher here Metode Tanya jawab pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X AP SMK N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “Randomized Control Pretest-Posttest Desing”. Kelas eksperimen menggunakan Strategi tipe learning start wiht a question metode diskusi dan kelas kontrol menggunakan Strategi Everyone Is a Teacher here Metode Tanya jawab . Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas X AP SMK N 2 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (postest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan strategi tipe learning start wiht a question metode diskusi dengan strategi everyone is a teacher here metode tanya jawab pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X AP SMK N 2 Padang. Strategi tipe learning start wiht a question metode diskusi dapat merangsang dan menstimulir siswa untuk menyelidiki atau mempelajari sendiri materi pembelajaran terlebih dahulu dan kemudian timbul pertanyaan dari siswa mengenai materi pelajaran yang tidak dipahami, sehingga siswa akan lebih memahami materi pelajaran dan membuat suasana kelas menjadi hidup. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disarankan kepada guru Kewirausahaan agar dapat menerapkan strategi tipe learning start wiht a question metode diskusi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan khususnya pada kompetensi Mengelola Konflik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Hasil Belajar Strategi Learning Start With a Question Diskusi Everyone Is a Teacher Tanya Jawab Kewirausahaan SMK N 2 Padang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:57
Last Modified: 02 Oct 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item
View Item