Gusniarti, Netti (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 09 Koto Lua Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NETTI_GUSNIARTI_09660_3767_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NETTI_GUSNIARTI_09660_3767_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NETTI_GUSNIARTI_09660_3767_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 09 Koto Lua Pauh Kota Padang masihrendah. Untuk mengatasi masalah kemampuan menulis argumentasi siswa peneliti menggunakanpendekatan Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan supaya adanya peningkatankemampuan menulis argumentasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswakelas IV SD Negeri 09 Koto Luar Pauh Kota Padang. Data penelitian diperoleh denganmenggunakan observasi, dokumentasi dan hasil pembelajaran menulis. Penelitian merupakandata dari pelaksanaan peningkatan kemampuan menulis argumentasi pada tahap prapenulisan,penulisan dan pascapenulisan.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan menulis argumentasi darisetiap siklus. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Data diperoleh dengan melaksanakan setiapsiklus, nilai pada siklus I: (1) prapenulisan rata-rata nilai 6,5 dengan ketuntasan 7 siswa dari 27siswa 25,92%, (2) penulisan rata-rata nilai 6,94 dengan ketuntasan 10 siswa dari 27 siswa37,03%, (3) pascapenulisan rata-rata nilai 6,98 dengan ketuntasan 12 siswa dari 27 siswa44,44%. Hasil yang dicapai pada siklus II: (1) prapenulisan rata-rata nilai 9,4 dengan ketuntasan24 siswa dari 27 siswa 88,88%, (2) penulisan rata-rata nilai 8,6 dengan ketuntasan 24 siswa dari27 siswa 88,88%, (3) pascapenulisan rata-rata nilai 8,0 dengan ketuntasan 24 siswa dari 27 siswa88,88%. Dari hasil yang didapat pada siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan nilai yangdiperoleh siswa. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkankemampuan menulis argumentasi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI, PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:51 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26118 |