Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Rumah Kata di TK Tarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Winda, Netri (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Rumah Kata di TK Tarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NETRI_WINDA_10105_72_2011.pdf] Text
final_B1_NETRI_WINDA_10105_72_2011.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yangdilaksanakan di TK Tarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuanpeneliatian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TKTarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah pembelajaran melaluipermainan rumah kata dapat meningkatkan kemampuan membaca dan mengenalkata sederhana di TK Tarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota. 2)Menghubungkan gambar dengan kata di TK Tarbiyah Luak Begak KabupatenLima Puluh Kota. 3) mengelompokkan kata-kata sejenis di TK Tarbiyah LuakBegak Kabupaten Lima Puluh Kota. 4) Menyebutkan dan menunjuk kata yangdikenal di TK Tarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota. 5) Menirukan4-5 urutan kata di TK Tarbiyah Luak Begak Kabupaten Lima Puluh Kota.Subjek penelitian ini adalah Kelas B TK Tarbiyah Luak Begak KabupatenLima Puluh Kota, yang berjumlah 15 orang anak terdiri dari 8 orang anakperempuan dan 7 orang anak laki-laki. Data yang diperoleh dalam penelitian iniadalah melalui hasil observasi atau pengamatan kegiatan anak selama melakukanpembelajaran membaca melalui permainan rumah kata di TK Tarbiyah LuakBegak Kabupaten Lima Puluh Kota. Data hasil belajar anak dianalisis denganteknik persentase.Hasil rata-rata penelitian dari sebelum tindakan sampai Siklus II adalah anakyang mendapat nilai sangat tinggi kondisi awal (sebelum tindakan) yangmendapat nilai sangat tinggi 8%, pada Siklus I anak yang mendapat nilai sangattinggi 33,4% sedangkan pada Siklus II anak yang mendapat nilai sangat tinggi81,4%. Kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari Siklus I sampaiSiklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan rumah kata dapatmeningkatkan kemampuan membaca anak di TK Tarbiyah Luak BegakKabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA ANAK, PERMAINAN RUMAH KATA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:52
Last Modified: 02 Oct 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item
View Item