Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Reportasi di Kelas IV SDN 25 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Mariati, Netri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Reportasi di Kelas IV SDN 25 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NETRI_MARIATI_07438_2011.pdf] Text
final_B1_NETRI_MARIATI_07438_2011.pdf

Download (470kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SDN 25 TarusanKabupaten Pesisir Selatan, fakta yang ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKnhanya terbatas pada penguasaan pengetahuan atau hafalan konsep semata, dan metodeyang digunakan lebih dominan metode klasikal. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktifdalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn tersebut diadakanlah PenelitianTindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanbagaimana rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn denganmenggunakan model pembelajaran VCT reportasi.PTK ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiridari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, tindakanyang disertai pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahunajaran 2010/2011 di SDN 25 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan subjek penelitianadalah seluruh siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melaluiobservasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran VCTreportasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn. Hal ini terlihat dari(1) hasil belajar siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 69,2(pertemuan 1), 70 (pertemuan 2) pada siklus I, menjadi 86 pada siklus II, (2) pada ranahafektif meningkat dari nilai rata-rata 62,1 (pertemuan 1), 66,7 (pertemuan 2) pada siklusI, menjadi 77 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata62,9 (pertemuan 1), 65,5 (pertemuan 2) pada siklus I, menjadi 74,5 pada siklus II.Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modelpembelajaran VCT reportasi pada pelajaran PKn perlu diterapkan dan dikembangkandalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:52
Last Modified: 02 Oct 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26109

Actions (login required)

View Item
View Item