Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (KWU) Kelas X SMK N 1 Baso, Kabupaten Agam

Fasiska, Lena (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (KWU) Kelas X SMK N 1 Baso, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LENA_FASISKA_98456_1015_2014.pdf] Text
final_B1_LENA_FASISKA_98456_1015_2014.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar KWU siswa yangmenggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode ceramah di kelas X SMK N 1 Baso, Kabupaten Agam. Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1Basosebanyak 5 kelas, dan kelas sampel Adp1 dan Adp2. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Untuk mendapatkan data dan informasi dalam penelitian ini, penulis melakukan eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pada kelas sampel.Pelaksanaan penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan eksperimen, dan tahap pelaksanaan tes akhir. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dilakukan dengan melakukan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes yang sebelumnya telah di uji validitas, realibitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-test. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa, diperoleh rata-rata hasil belaj Kewirausahan kelas ekperimen 78,98, sedangkan kelas kontrol 69,16. Data tes hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan t-tes sehingga diperoleh t 3,571 dengan taraf signifikan α = 0.05, dengan t lebih besar dari t tabel tabel i hitung 1.671. Dengan demikian dapat diketahui t (3,571 > 1.671). Dengan demikian, H ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar Kewirausahaan siswa antara penggunakan model pembelajaran kooperati tipe jigsaw dengan menggunnakan pembelajaran konvesional yaitu metode ceramah. o Penulis menyarankan agar guru mata pelajaran kewirausahaan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran karena penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kewiraushaan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:51
Last Modified: 02 Oct 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26101

Actions (login required)

View Item
View Item