Upaya Guru Pembimbing dan Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Membantu Siswa yang Tidak Mencapai Ketuntasan dalam Belajar di SMP N 1 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Netri, Netri (2009) Upaya Guru Pembimbing dan Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Membantu Siswa yang Tidak Mencapai Ketuntasan dalam Belajar di SMP N 1 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NETRI_88118_07_09.pdf] Text
final_B1_NETRI_88118_07_09.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran menurut KTSP2006 yang mempersyaratkan semua siswa harus mencapai ketuntasan belajar pada setiapstandar kompetensi dan kompetensi dasar dalam setiap mata pelajaran, sesuai dengankriteria ketuntasan yang ditetapkan sekolah. Salah satu ketidak tuntasan yang dialamisiswa dalam belajar adalah pada mata pelajaran bahasa Inggris. Berbagai upaya telahdilakukan oleh penyelenggara pendidikan di sekolah terutama guru pembimbing dan gurumata pelajaran bahasa Inggris, tetapi belum menunjukan hasil yang memuaskan.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan mendeskripsikan tentangupaya-upaya guru pembimbing dan guru mata pelajaran bahasa Inggris membantu siswayang tidak mencapai ketuntasan dalam belajar. Penelitian ini digolongkan jenis penelitiandeskriptif dengan subjek penelitian adalah dua orang guru pembimbing dan lima orangguru mata pelajaran bahasa Inggris. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa upaya guru pembimbing dalammembantu siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar bahasa Inggris belum terlaksanasebagaimana yang diharapkan. Sedangkan guru mata pelajaran bahasa Inggris telahberupaya membantu siswa yang tidak mencapai ketuntasan dalam belajar, namun dalampenyelenggaraannya berkaitan dengan prosedur dan teknik diagnosis kesulitan belajarsiswa masih terdapat kelemahan dan kekurangan, sehingga pelaksanaan pembelajaranperbaikan belum maksimal. Buktinya masih banyak siswa yang tidak mencapaiketuntasan setelah pemberian bantuan dilakukan.Kerja sama guru pembimbing dan gurumata pelajaran bahasa Inggris tidak berjalan sebagimana mestinya, pemberian bantuanterhadap siswa berjalan sendiri-sendiri tidak telihat koordinasi di antara keduanya.Berdasarkan temuan peniliti ini direkomendasikan kepada pihak-pihak yangberwenang untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan guru pembimbingserta guru mata pelajaran bahasa Inggris dalam membantu siswa yang tidak mencapaiketuntasan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU PEMBIMBING, BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:50
Last Modified: 02 Oct 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item
View Item