Afrigus, Silvia (2011) Pelaksanaan Pengajaran Remedial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII SMP N 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SILVIA_AFRIGUS_79372_1378_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SILVIA_AFRIGUS_79372_1378_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SILVIA_AFRIGUS_79372_1378_2011.pdf
Download (777kB)
Abstract
Kurikulum 1999 kebijakan salah satunya adalah konsep belajar tuntas. Siswa tidak bisa mengikuti kompetensi berikutnya jika siswa tersebut belum menuntaskan kompetensi yang sedang dijalani. Keberhasilan yang dicapai oleh siswa adalah keberhasilan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum yaitu siswa yang sudah mencapai nilai 70 atau lebih untuk kompetensi tertentu, apabila hasil belajar yang dicapai oleh siswa tidak mencukupi pada nilai 70, maka siswa tersebut dikatakan belum tuntas. Maka dari itu guru perlu melaksanakan suatu kegiatan yang dapat membantu siswa dalam mencapai prestasi belajar secara optimal yaitu memberikan pengajaran remedial, yaitu suatu cara atau proses yang dilakukan siswa yang mengalami kesulitan, agar siswa tersebut bisa mencapai prestasi yang memadai. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP N 11 Padang, dengan hipotesis yang diajukan yaitu “Pengajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMPN 11 Padang. Populasi dalam peneliti an ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 11 Padang Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 6 kelas. Untuk pengambilan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu suatu cara yang sengaja dipilih oleh peneliti karena punya sifat dan karakteristik tertentu. Jadi, dalam penelitian ini dibutuhkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang terdiri dari 28 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 30 orang siswa untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan posttest sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji tersebut di dapat bahwa data hasil belajar berdistribusi normal dan kedua sampe l memiliki varians yang homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan t-test sampel related dengan hasil t hitung sebesar 3,54. Sedangkan untuk t dimana dengan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 56 yaitu 1,671, sedangkan untuk kriteria pengujiannya adalah jika t tabel ≤ t hitung i tabel maka Ha diteerima yaitu 1,671 ≤ 3,54, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP N 11 Padang yang diberi pengaj aran remedial mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum1999, konsepbelajartuntas, nilai70, pengajaranremedial, hasilbelajargeografi, siswaKelasVIII, SMPN11Padang, penelitianeksperimen, purposivesampling, kelaseksperimen |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:10 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26087 |