Makhdalena, Makhdalena (2011) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas IV SDN 18 Balai Satu Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAKHDALENA_09297_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MAKHDALENA_09297_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAKHDALENA_09297_2011.pdf
Download (338kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, guru lebih banyak memberikan penjelasan dalam pembelajaran, sehingga siswa menerima apa saja yang diberikan guru tanpa menemukan sendiri materi pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA. Untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, dan Penilaian hasil belajar siswa dengan pendekatan Kooperatif tipe Jigsaw pada SDN 18 Balai Satu Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (action research) dibidang pendidikan dan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakanan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SDN 18 Balai Satu. Subjek penelitian terdiri dari 20 orang, 7 orang laki-laki dan 13orang perempuan. Prosedur penelitian dilakukan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPA aspek kognitif 67 dan aspek afektif 70% serta aspek psikomotor 70%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata aspek kognitif 80, afektif 75% dan psikomotor 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 18 Balai Satu Kecamatan Lubuk Basung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL PEMBELAJARAN IPA, PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26081 |