Netri, Len (2008) Upaya Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Metode Kerja Kelompok pada Siswa Kelas XII IPS 1 MAN I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LEN NETRI 80374-08.pdf [thumbnail of final_B1_LEN NETRI 80374-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LEN NETRI 80374-08.pdf
Download (95kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi dalam mengerjakan latihan di sekolah. Tempat dan waktu penelitian adalah di MAN I Padang , pada bulan februari 2008. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XII IPS 1 MAN I Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang dibantu oleh teman sejawat dan Tes. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dan tes diakhir setiap siklus. Data kemudian diolah berdasarkan kriteria aktivitas peserta didik Hasil penelitian dari dua siklus ini menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas peserta didik dalam mencatat uraian guru meningkat 33,75 % dari cukup menjadi sangat baik, aktivitas mengajukan pertanyaan kepada guru meningkat 28,81 % dari sangat kurang menjadi cukup, aktivitas menjawab pertanyaan guru meningkat 34,49 % dari sangat kurang menjadi cukup, sedangkan aktivitas negatif berkurang 2,9 %. Untuk aktivitas selama kerja kelompok, memberikan pendapat dalam kerja kelompok meningkat 19,43 % dari cukup menjadi baik, aktivitas bertanya kepada anggota meningkat 23,30 % dari baik menjadi sangat baik, aktivitas menjawab pertanyaan anggota meningkat 22,58 % dari kurang menjadi baik, aktivitas bertanya kepada guru meningkat 32,58 % dari sangat kurang menjadi cukup.sedangkan aktivitas negatif berkurang 5,83 %. Hasil belajar peserta didik meningkat dari 60,69 menjadi 70,14. Ini juga memperlihatkan berkurangnya peserta didik yang tidak tuntas dari 9 peserta didik menjadi 3 peserta didik. Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada guru ekonomi untuk menggunakan pembelajaran kerja kelompok dalam mengerjakan soal latihan disekolah sebagai alternatif, karena metode ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Aktifitas, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26076 |