Putri, Senia Eka (2014) Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Penjualan: Studi Kasus di Keripik Pisang SHA-RAH. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SENIA_EKA_PUTRI_58129_1728_2014.pdf [thumbnail of final_B1_SENIA_EKA_PUTRI_58129_1728_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SENIA_EKA_PUTRI_58129_1728_2014.pdf
Download (337kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimana penerapan strategi
pemasaran yang baik yang akan digunakan oleh sebuah perusahaan dan agar dapat
meningkatkan omzet penjualansehingga menguntungkan perusahaan. Penelitian
ini dilakukan pada sebuah perusahaan penghasil produk makanan kecil yaitunya
perusahaan Keripik Pisang SHA-RAH di kota Padang.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data baik secara primer
maupun sekunder yaitu, survey pendahuluan untuk mendapatkan data tentang
keadaan dan segala aktifitas perusahaan. Survey lapangan dilaksanakan dengan
cara datang langsung ke perusahaan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan
dengan menggunakan beberapa cara yaitu, observasi merupakan pengamatan
langsung, wawancara yaitu pengumpulan data dengan cara tanya jawab langsung
dengan pihak yang bersangkutan, dan studi kepustaka dilaksanakan dengan
memperbanyak mencari dan membaca buku serta artikel yang membahas serupa
dengan tujuan penelitian
Berdasarkan hasil penelitian,Keripik Pisang SHA-RAH mengalami
beberapa masalah dalam menetapkan strategi pemasarannya. Pesaing yang
semakin banyak dan ketat, pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat,
sehingga terjadinya ketidak-stabilan omzet penjualan mulai dari tahun 2008
hingga 2012.Keripik PisangSHA-RAH juga harus melakukanberbagai cara agar
perusahaan tetap bertahan menghadapi pangsa pasar seperti saat ini dan juga agar
dapat meningkatkan omzet penjualan yang stabil setiap tahunnya. Pada
pembahasan mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan
Keripik Pisang SHA-RAH maka dapat disimpulkan untuk meningkatkan omzet
penjualan keripik pisang dengan beberapa strategi, yang mengacu kepada bauran
pemasaran yaitu, strategi produk merupakan suatu yang dapat digunakan,
konsumsi, dipakai, dipasarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Strategi harga
merupakan nilai uang yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan
keuntungan. Strategi promosi, merupakan proses penyampaian informasi kepada
konsumen tentang suatu produk.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perdagangan-D3 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 04:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26067 |