Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan yang GoPublic yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009

Miranti, Senja (2011) Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan yang GoPublic yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SENJA_MIRANTI_73419_1270_2011.pdf] Text
final_B1_SENJA_MIRANTI_73419_1270_2011.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh asimetri informasi
terhadap manajemen laba perusahaan dan 2) Pengaruh ukuran perusahaan
terhadap manajemen laba perusahaan.
Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kausatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang go public yang terdaftar di
PT. Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2009.
Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data
yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini digunakan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan
adalah regresi berganda.
Hasil penelitian hipotesis menunjukkan bahwa (1) Asimetri informasi
perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba perusahaan. Hal ini dapat
dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,653 > 0,05 atau thitung -0,450 <
ttabel 1,9676. (2) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan negatif terhadap
manajemen laba perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan yang
diperoleh yaitu 0,012 < α 0,05 atau thitung -2,158 > ttabel -1,9676.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan 1) Bagi investor yang tertarik
berinvestasi pada perusahaan yang go public sebaiknya memperhatikan dan
mengetahui informasi-informasi yang diungkapkan oleh perusahaan emiten,
apakah memenuhi kebutuhan informasi dalam analisis investasi dan apakah
informasi yang dilaporkan oleh perusahaan emiten bebas dari tindakan
manajemen laba. 2) Bagi perusahaan emiten sebaiknya meningkatkan informasi
dalam perusahaan yang baik dan benar. Dengan adanya peningkatan terhadap
informasi akan mengakibatkan berkurangnya kesenjangan informasi antara
manajer dan pemegang saham untuk melakukan manajemen laba sehingga para
investor tertarik dengan perusahaan tersebut. 3) Penelitian berikutnya hendaknya
memperpanjang rentang waktu penelitian agar dapat memperoleh hasil yang lebih
baik dan mengurangi jumlah sampel jika itu menghasilkan nilai yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:37
Last Modified: 01 Oct 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26066

Actions (login required)

View Item
View Item