Hidayat, Maimon (2008) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Sdn O4 Tarandam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAIMON HIDAYAT-81497-2008.pdf [thumbnail of final_B1_MAIMON HIDAYAT-81497-2008.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAIMON HIDAYAT-81497-2008.pdf
Download (182kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan sementara penulis di kelas V SDN 04 Terandam pada tanggal 20 Maret 2008, ditamukan hasil belajar Matematika siwa masih rendah, untuk itu penulis melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan kativitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving. Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 04 Terandam dengan menggunakan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Tarandam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Dan analisis data dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian dari setiap pertemuan yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dari tes awal dengan rata-rata 5,3. tes siklus-1 adalah 7,4. tes siklus-2 adalah 8,8. Dari hasil pengamatan pun terlihat peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran dari segi Menyelesaiakan tugas rumah, Siswa bertanya dalam kelompok, Siswa menjawab pertanyaan dalam kelompok, Siswa menyelesaiakan permasalahan yang diberikan, Siswa yang ingin untuk menjelaskan kedepan kelas, Siswa yang ingin menjawab pertanyaan guru, Siswa yang bertanya pada guru, Siswa yang memperhatikan dengan serius sewaktu guru menjelaskan kembali, Siswa yang mengemukakan pendapat, Siswa mengerjakan latihan yang diberikan. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran pecahan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Matematika siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 09:06 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 09:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26038 |