Riska, Nesia (2011) Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tinggal Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NESIA_RISKA_83194_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NESIA_RISKA_83194_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NESIA_RISKA_83194_2011.pdf
Download (390kB)
Abstract
Rasa percaya diri setiap orang merupakan salah satu kekuatan jiwa yangsangat menentukan berhasil tidaknya orang tersebut dalam mencapai berbagaitujuan hidupnya. Dengan memiliki rasa percaya diri, seseorang dapat melakukanapa pun dengan keyakinan bahwa itu akan berhasil. Apabila ternyata gagalseseorang tidak lantas putus asa, tetapi tetap masih mempunyai semangat dankemudian dengan mantap mencoba lagi. Namun pada kenyataannya siswa tinggalkelas mengalami masalah dalam hal kepercayaan diri. Berdasarkan hasil AUMUmum diketahui bahwa siswa tinggal kelas mengalami masalah berkaitan dengankepercayaan diri. Dalam penelitian ini akan diungkapkan kepercayaan diri siswatinggal kelas dalam mengemukakan pendapat dan menanggapi pendapat sebelumdan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, serta melihat peningkatankepercayaan diri siswa tinggal kelas tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimentdengan jenis the onegroup pretest-posttest design yang bertujuan melihatkepercayaan diri siswa tinggal kelas setelah diberikan layanan bimbingankelompok dan melihat tingkat kepercayaan diri siswa tinggal kelas sebelum dansetelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Subjek penelitian adalah 5 orangsiswa tinggal kelas dan 5 orang siswa yang tidak tinggal kelas di kelas VII SMPNegeri 13 Padang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Datayang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata sampelyang saling berhubungan (paired sample t-tes) dengan menggunakan bantuanprogram Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 15.0.Temuan penelitian menunjukkan kepercayaan diri siswa tinggal kelas dikelas VII SMP Negeri 13 Padang dalam mengemukakan pendapat danmenanggapi pendapat sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, termasukdalam kategori rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok meningkatdan berada pada kategori tinggi. Sedangkan dari hasil perhitungan t-tes diperolehkepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat dan menanggapi pendapatsebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 0,567dengan tingkat kepercayaan 95%. Jika dilihat dari hasil tingkat signifikan (2-tailed), yaitu dengan tingkat signifikan 0,170.Hal ini berarti terdapat peningkatanmutu kepercayaan diri siswa tinggal kelas di kelas VII SMP Negeri 13 Padangdalam mengemukakan pendapat dan menanggapi pendapat setelah diberikanlayanan bimbingan kelompok. Peningkatan ini menunjukkan bahwa layananbimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalammengemukakan pendapat dan menanggapi pendapat. Berdasarkan hasil penelitian inidiharapkan guru pembimbing dapat mengembangkan layanan bimbingan kelompok dandapat bekerjasama dengan guru mata pelajaran dalam rangka mengatasi permasalahanyang dialami siswa tinggal kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPERCAYAAN DIRI SISWA, BIMBINGAN KELOMPOK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 09:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26026 |