Ahzani, Kurnia (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Diiringi Kuis pada Siswa Kelas XI IS 2 SMA N 1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KURNIA_AHZANI_77591_5840_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KURNIA_AHZANI_77591_5840_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KURNIA_AHZANI_77591_5840_2011.pdf
Download (160kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pemberian Tugas Diiringi Kuis pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru bidang studi dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai guru mata pelajaran Ekonomi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Jumlah siswa kelas XI IS 2 sebanyak 33 orang yang terdiri dari 19 orang perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Februari sampai 3 Maret 2011. Terdiri dari empat siklus. Masingmasing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi dan tes untuk melihat perubahan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I, II, III dan IV selama menggunakan Metode Pemberian Tugas Diiringi Kuis. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas siswa dalam penerapan metode pemberian tugas diiringi kuis berada dalam kategori cukup yakni 49,84%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 65,47% dengan kategori tinggi. Hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 65,63% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 dari 32 orang siswa. Pada siklus III telah terjadi perubahan baik dari aktivitas belajar. Untuk aktivitas yang diamati dikategorikan pada kategori aktivitas siswa tinggi yakni 76,06%. Pada siklus IV kembali terjadi peningkatan untuk aktivitas dan hasil belajar. Untuk aktivitas yang diamati dikategorikan pada kategori aktivitas siswa sangat tinggi yakni 82,42%, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal 84,85% dengan jumlah siswa yang tuntas 28 dari 33 orang siswa yang hadir. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini terjadi dikarenakan penerapan metode pemberian tugas diiringi kuis yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penggunaan metode belajar yang tepat merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar. Oleh sebab itu disarankan kepada guru-guru SMA N 1 Nan Sabaris untuk menerapkan metode pemberian tugas diiringi kuis sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Metode, Pemberian Tugas Diiringi Kuis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:10 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26014 |