Sepdiyatman, Sepdiyatman (2011) Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPDIYATMAN_94707_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPDIYATMAN_94707_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPDIYATMAN_94707_2011.pdf
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Persepsi Siswa
Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga
Dan Kesehatan Di SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten
Pasaman Barat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada
penelitian ini adalah Siswa-Siswi SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan
Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari
siswa kelas IV sebanyak 235 orang yang terdiri dari 98 siswa dan 135 siswi, kelas
V sebanyak 204 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 120 siswi serta kelas VI
sebanyak 200 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 116 siswi. Total populasi
keseluruhan adalah sebanyak 639 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 10
% dari siswa-siswi kelas IV dan kelas V dengan menggunakan teknik Strata
Stratified Purposive Random sampling yaitu siswa kelas IV sebanyak 24 orang
yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan, kelas V sebanyak 20 orang yang
terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Total keseluruhan 44 orang. Alat
pengumpul data dilakukan dengan angket berskala Likert, sedangkan teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tabulasi frekuensi.
Hasil analisis data terhadap masing-masing variabel ditemukan :
1. Persepsi siswa terhadap guru dalam membuka pembelajaran
diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (54,54%).
2. Persepsi siswa terhadap guru dalam materi pembelajaran diklasifikasikan
“Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (58,40%).
3. Persepsi siswa terhadap guru dalam metode pembelajaran diklasifikasikan
“Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (52,98%).
4. Persepsi siswa terhadap guru dalam menutup pembelajaran
diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (52,27%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25971 |