Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Teknik Pembelajaran ”Everyone is a teacher here" (Semua Siswa Bisa Jadi Guru) di kelas VIII-3 SMP Negeri 31 Padang

Neryati, Neryati (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Teknik Pembelajaran ”Everyone is a teacher here" (Semua Siswa Bisa Jadi Guru) di kelas VIII-3 SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NERYATI_78950_2009.pdf] Text
final_B1_NERYATI_78950_2009.pdf

Download (139kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran BAM diantaranyadisebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan selama ini masihberpusat pada guru, metode yang digunakan belum bervariasi, sehinggaberpengaruh pada aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan,dengan mempergunakan teknik pembelajaran“Everyone is a teacher here” dapatmeningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran BAM dikelas VIII-3SMP Negeri 31 Padang.Subjek penelitian adalah siswa kelasVIII-3 yang berjumlah 40 orang yangterdiri dari 22 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Teknik pengumpulan dataadalah observasi langsung yang dilakukan oleh kalaborator dan tes hasil belajar,sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas dan lembarantes siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentasedan mean score.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan olehsiswa. Pada siklus I, aktivitas siswa pada kegiatan pendahuluan 56,5 %, kegiataninti 40,8 % dan kegiatan penutup 53,0 %. Pada siklus II terdapat peningkatan,menjadi 82,5% pada kegiatan pendahulun, 80,0% pada kegiatan inti, dan 87,0%pada kegiatan penutup. Peningkatan aktivitas ini juga diikuti dengan peningkatanhasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 71,30%, dan masih terdapat 14 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Padasiklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikalmencapai 76,25 %. Dengan teknik pembelajaran ”Everyone is a teacher here”(semua siswa bisa jadi guru) kelas menjadi aktif, setiap siswa bisa mengeluarkanpendapat dalam berdiskusi , bisa membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan,berani tampil mengeluarkan pendapat dan dapat berinteraksi sesama temandikelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan teknik pembelajaran”Everyone is a teacher here”dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswapada mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau di kelas VIII-3 SMP Negeri 31Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, TEKNIK PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:04
Last Modified: 29 Sep 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25935

Actions (login required)

View Item
View Item