Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota Padang

Irawan, Ronald (2011) Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RONALD_IRAWAN_77791_1886_2011.pdf] Text
final_B1_RONALD_IRAWAN_77791_1886_2011.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Service Program, Loyalty Program dan Community Building terhadap loyalitas Pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha Di Kota Padang Jenis penelitian ini adalah
penelitian kausatif yang menjelaskan pengaruh komponen-komponen dari Cuctomer Relationship Marketing sebagai variabel bebas terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha sebagai variabel terikat. Populasi
dalam penelitian ini adalah warga kota Padang yang menggunakan jasa PT. Adira Finance Divisi Yamaha dengan pengambilan sampel adalah dengan menggunakan
metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling, yaitu metode yang digunakan berdasarkan atas pemilihan sampel berdasarkan kebetulan. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis
dengan menggunakan Uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Customer Service Program
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota Padang. 2) Loyalty Program memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Finance Divisi
Yamaha di Kota Padang. 3) Community Building memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota Padang Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disarankan agar
PT. Adira Finance selalu meningkatkan Customer Service Program agar loyalitas pelanggan dari PT. Adira Finance tetap terjalin dengan baik. Berusaha untuk meningkatkan Loyalty Program dari PT. Adira Finance dengan memberikan
bonus seperti poin undian yang diundi setiap akhir tahun. Dan berusaha untuk meningkatkan Community Building antara pelanggan dengan PT. Adira Finance. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh PT. Adira Finance adalah dengan
mengikutsertakan pelanggan pada program perusahaan seperti Adira Club Member.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:03
Last Modified: 29 Sep 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25924

Actions (login required)

View Item
View Item