Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping dengan Catat Tulis Susun (CTS) dalam Pembelajaran Quantum Learning di Kelas X MAN 2 dan MAN 1 Padang

Dewi, Septa Sartika (2011) Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping dengan Catat Tulis Susun (CTS) dalam Pembelajaran Quantum Learning di Kelas X MAN 2 dan MAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SEPTA_SARTIKA_DEWI_77697_5789_2011.pdf] Text
final_B1_SEPTA_SARTIKA_DEWI_77697_5789_2011.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang
berarti terhadap hasil belajar antara siswa dengan teknik mind mapping dengan
teknik catat tulis susun (CTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas
eksperimen1 dan kelas eksperimen2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X MAN 2 Padang dan MAN 1 Padang. Yang menjadi sampel adalah kelas
X3 dari MAN 2 Padang sebagai kelas eksperimen1 yaitu dengan teknik mind
mapping dan siswa kelas X1 dari MAN 1 Padang sebagai kelas eksperimen2 yaitu
dengan teknik catat tulis susun (CTS). Data diperoleh dari hasil tes formatif
mengenai pokok bahasan “Uang dan Perbankan”. Jenis data adalah data primer
dan data sekunder,adalah data primer dan data sekunder, teknik analisis data
adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas kemudian uji Z
terhadap kedua kelas sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas
eksperimen1 78,1 lebih tinggi dari pada rata-rata kelas eksperimen2 71,5,
sedangkan uji Z menunjukkan bahwa Zhitung 2,42 dan Ztabel 1,96 pada α 0,05. Jadi
Zhitung lebih besar dari Ztabel 1,96 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasiil belajar ekonomi siswa yang menggunakan teknik mind mapping
dengan catat tulis susun (CTS). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak sekolah
serta para pendidik untuk dapat menerapkan teknik mind mapping pada mata
pelajaran ekonomi karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:03
Last Modified: 29 Sep 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item
View Item