Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2010/2011.

Oktavia, Neni (2011) Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NENI OKTAVIA_83891_2011.pdf] Text
final_B1_NENI OKTAVIA_83891_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika menjadi mata pelajaran yang membosankan, menakutkan dandianggap sulit karena dipenuhi oleh rumus-rumus dan angka-angka. Prosespembelajaran juga masih menempatkan guru sebagai sumber pengetahuan dan sangatjarang ditemukan siswa terlibat aktif. Akibatnya pengalaman belajar yang diperolehdi kelas tidak utuh dan tidak berorientasi pada tercapainya standar kompetensi dankompetensi dasar. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karakteristik siswaSMK/STM yang suka berkegiatan dan beraktivitas maka jika pembelajaran tetapberpusat kepada guru maka tujuan pembelajran itu tidak akan tercapai. Untuk itudirumuskan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah aktivitas belajarmatematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inkuiri dan apakah hasilbelajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih baikdari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajarankonvensional pada kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam.Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan eksperimendengan rancangan Randomized Control-Group Only Disign. Populasi penelitian iniadalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam yang terdaftarpada tahun pelajaran 2010/2011. Teknik dalam penentuan sampel dalam penelitian iniadalah Random Sampling, Sebagai kelas eksperimen adalah kelas X KonstruksiBangunan dan kelas eksperimen dan kelas X Mesin Otomotif 2. Pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan tes awal, tes akhir, dan lembar observasi. Data tesakhir akan dianalisis secara statistik. Data dari lembar observasi dianalisis secaradeskriptif dan dipaparkan dalam bentuk narasi.Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa aktivitas siswa cenderungmeningkat, dan beberapa aktivitas telah memperlihatkan hasil yang optimal. Analisisdata tentang hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yangmenggunakan strategi pembelajaran Inkuiri lebih baik dari pada hasil belajar siswayang menggunakan strategi pembelajaran Konvensional. Rata-rata hasil belajarmatematika kelas eksperimen adalah 78,33 dan 83,33% berada di atas batas KKM,sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 67,75 dan 60% berada di atas batas KKM.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN INKUIRI, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:02
Last Modified: 29 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25918

Actions (login required)

View Item
View Item