Hendrico, Hendrico (2009) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Sepeda Motor Merek Honda di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HENDRICO 61181-04-09-S.pdf [thumbnail of final_B1_HENDRICO 61181-04-09-S.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HENDRICO 61181-04-09-S.pdf
Download (341kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh harga sepeda motor
Honda terhadap permintaan sepeda motor Honda (2) Pengaruh harga barang substitusi /
harga sepeda otor Yamaha terhadap permintaan sepeda motor Honda (3) Pengaruh
pendapatan konsumen terhadap permintaan sepeda motor Honda (4) Pengaruh selera
konsumen terhadap permintaan sepeda motor Honda (5) Pengaruh harga sepeda motor
Honda, pengaruh harga barang substitusi/ harga sepeda motor Yamaha, pendapatan
konsumen dan selera konsumen terhadap permintaan sepeda motor Honda di kota
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang
mendeskripsikan variable penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara
variable bebas dengan variable terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer
dari 101 sampel konsumen sepeda motor Honda dengan teknik pengumpulan data angket
menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data adalah deskriptif dan
induktif. Analisis induktif terdiri dari Uji Prasyarat analisis yaitu uji multikolinearitas, uji
normalitas, uji Heterokedastisitas, uji Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F test dengan α
= 0,05 dan analisis determinasi (R2).
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) Tingkat harga sepeda motor Honda
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan konsumen sepeda motor Honda
di Kota Padang (sig = 0,047) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,025 satuan (2) Harga
sepeda motor Yamaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen
pada sepeda motor Honda di Padang (sig = 0,046) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,018
satuan (3) Tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan
konsumen sepeda motor Honda di Padang (sig = 0,041) dengan tingkat pengaruh sebesar
0,031 satuan (4) Selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap
permintaan konsumen sepeda motor Honda di Padang (sig = 0,003) dengan tingkat
pengaruh sebesar 0,144 dan (5) Harga sepeda motor Honda, harga sepeda motor Yamaha,
pendapatan konsumen dan selera konsumen, secara bersamaan memberikan pengaruh
terhadap permintaan konsumen sepeda motor Honda di Padang (sig = 0,000)
Penulis menyarankan kepada CV.Hayati selaku dealer resmi sepeda motor Honda
di kota Padang agar memberikan pelayanan dari segala hal yang terkait dengan penjualan
produk sepeda motor Honda khususnya terhadap perubahan harga dan dari fisik sepeda
motor Honda tersebut. Semoga dengan hal ini dapat memberikan keuntungan yang
maksimum
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25910 |