Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang.

Wahyuni, Neneng (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NENENG_WAHYUNI_86447_1218_2011.pdf] Text
final_B1_NENENG_WAHYUNI_86447_1218_2011.pdf

Download (236kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membacapemahaman siswa yang kurang, sehingga diperlukan strategi yang mampumeningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan peningkatan membaca pemahaman menggunakan strategipembelajaran inkuiri siswa kelas XI IPA 2 SMA Pembangunan LaboratoriumUNP semester Juli-Desember tahun pelajaran 2010/2011. Berkaitan denganpermasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) hakikatmembaca, (2) hakikat membaca pemahaman, dan (3) strategi pembelajaraninkuiri.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatankualitatif dilakukan dalam empat tahap di setiap siklusnya, yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Strategi pembelajaran inkuiri diharapkandapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Pendekatankuantitatif dilakukan untuk mendapatkan data penelitian berupa hasil tes hasilbelajar tertulis, hasil lembar observasi dan hasil angket respons siswa terhadappembelajaran kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan strategipembelajaran inkuiri siswa kelas XI IPA 2 SMA Pembangunan LaboratoriumUNP tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 32 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaraninkuiri dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuanmembaca pemahaman siswa kelas XI IPA 2 SMA Pembangunan LaboratoriumUNP Padang. Dari hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuanII siklus II tingkat pencapaiannya baik. Ini membuktikan bahwa penggunaanstrategi pembelajaran inkuiri dalam membaca pemahaman dapat meningkatkanaktivitas belajar siswa. Di samping itu, berdasarkan KKM sekolah yaitu 64,pencapaian hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Siswa yang tuntas 30orang dan yang tidak tuntas 2 orang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, PEMBELAJARAN INKUIRI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:57
Last Modified: 29 Sep 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item
View Item