Yadewita, Rona (2008) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Media Hypertext Dengan Yang Tidak Menggunakan Media Hypertext Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RONA YADEWITA 42956-03-08.pdf [thumbnail of final_B1_RONA YADEWITA 42956-03-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RONA YADEWITA 42956-03-08.pdf
Download (127kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media hypertext dibanding dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media hypertext pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X
SMA Negeri 13 Padang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. 3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X. 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel kelas adalah Purposive Sampling, dan pengambilan sampel siswa dengan teknik total sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini,
penulis melakukan eksperimen dengan melaksanakan pengujian pada kelas sampel melalui instrumen berbentuk tes yang sudah teruji tingkat daya beda, reliabilitas, dan validitasnya sehingga tepat dijadikan sebagai alat evaluasi dalam mengukur hasil
belajar siswa. Data dianalisis dengan statistik yaitu deskriptif dan inferensial (uji Z).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya
menggunakan media hypertext dibanding dengan yang tidak menggunakan media
hypertext pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 13 Padang. Terlihat
pada hasil uji hipotesis, pada post-test didapat (4,19 > 1,96) sedangkan
pada pre-test tidak terdapat perbedaan yang berarti antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen dengan
tabelhitung
ZZ >
tabelhitung
ZZ −>
(-0,21 > -1,96), dikarenakan
belum
diterapkannya
perlakuan dan proses
belajar mengajar.
Hasil
belajar setelah diberikan
perlakuan mengalami peningkatan dan pembelajaran dengan media hypertext lebih
baik digunakan karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan
dengan pembelajaran tanpa menggunakan media hypertext. Ini dapat dilihat dari ratarata
nilai
post-test
kelas eksperimen
sebesar 63,75
dengan standar deviasi 10,63 dan
rata-rata
nilai
post-test
kelas kontrol sebesar 50,35 dengan
standar deviasi 18,14.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru Ekonomi agar
mempertimbangkan pembelajaran dengan menggunakan media hypertext selama
proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:57 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25893 |