Perbedaan Persepsi Auditor, Akuntan Pendidik, dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia

Handayani, Zulda (2013) Perbedaan Persepsi Auditor, Akuntan Pendidik, dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ZULDA_HANDAYANI_73767_6182_2013.pdf] Text
B1_4_ZULDA_HANDAYANI_73767_6182_2013.pdf

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi antara
auditor, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Ikatan
Akuntan Indonesia. Analisisnya didasarkan pada jawaban responden yang
diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan di kota Padang.
Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data
yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 137 responden yang meliputi
auditor yang bekerja di kantor auditor, akuntan pendidik, dan mahasiswa
akuntansi dari 5 perguruan tinggi di Kota Padang. Untuk menguji realibilitas data
digunakan Cronbach Alpha sedangkan untuk menguji normalitas data digunakan
Kolmogorof-Smirnov. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan
menggunakan alat analisis statistik yaitu Analisis of Variance (ANOVA)
digunakan untuk menganalisis apakah ada perbedaan persepsi auditor, akuntan
pendidik, dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik ikatan akuntan Indonesia.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara
auditor, akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan.
Sedangkan jika ditinjau menggunakan alat uji post hoc tidak terdapat perbedaan
persepsi antara auditor dan akuntan pendidik terhadap kode etik akuntan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntan Pendidik Auditor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:30
Last Modified: 29 Sep 2025 01:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25848

Actions (login required)

View Item
View Item