Putri, Sri Yola (2021) Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SRI_YOLA_PUTRI_17016044_2406_2021.pdf [thumbnail of B1_01_SRI_YOLA_PUTRI_17016044_2406_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SRI_YOLA_PUTRI_17016044_2406_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangpedulian siswa terhadap
penggunaan kalimat efektif. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam teks
eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang ditulis siswa
dalam teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar. Data tersebut
dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini
adalah teks eksplanasi yang ditulis siswa yang berjumlah 36 teks. Instrumen
dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan format-format dan
buku referensi. Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan
membahas data tersebut berdasarkan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kalimat-kalimat yang dianalisis,
ditemukan hanya sebagian kecil kalimat yang efektif dan sebagian besar kalimat
lainnya tidak efektif. Kalimat-kalimat tersebut tergolong efektif karena telah
memenuhi dua syarat, yaitu ketepatan penalaran dan ketepatan kebahasaan.
Sebaliknya, kalimat-kalimat tersebut tergolong tidak efektif karena tidak
memenuhi dua syarat atau tidak memenuhi salah satu syarat, yaitu ketepatan
penalaran dan ketepatan kebahasaan. Sebagian besar kalimat tidak efektif
disebabkan tidak memenuhi syarat ketepatan kebahasaan. Ketidaktepatan
kebahasaan tersebut disebabkan oleh tiga hal, yaitu ketidaktepatan tata bahasa,
ketidaktepatan kata dan istilah, dan ketidaktepatan ejaan. Sebagian besar kalimat
yang tidak memenuhi syarat ketepatan kebahasaan disebabkan oleh ketidaktepatan
tata bahasa khususnya pada aspek unsur-unsur kalimat yang mubazir.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kalimat dalam
teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar bermasalah. Dengan
kata lain secara umum siswa belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam
teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 01:19 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 01:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25814 |