Pengaruh Kepemimpinan GM (General Manager) Terhadap Kinerja Karyawan di Kawana Hotel Padang

Rafli, Yumita (2019) Pengaruh Kepemimpinan GM (General Manager) Terhadap Kinerja Karyawan di Kawana Hotel Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_YUMITA_RAFLI_15135163_3087_2019.pdf] Text
B1_4_YUMITA_RAFLI_15135163_3087_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil pengamatan ketika pra penelitian terhadap karyawan Kawana Hotel Padang, dimana masih adanya karyawan yang memiliki kinerja karyawan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan GM (General Manager) Terhadap Kinerja Karyawan Di Kawana Hotel Padang. Peneliti menemukan adanya masalah diantaranya; 1) Adanya karyawan yang terlambat, 2) Kinerja karyawan yang belum memenuhi target yang telah ditetapkan, 3) Kinerja karyawan yang belum optimal pada saat membersihkan kamar, 4) Tidak adanya beberapa karyawan di dalam ruangan pada saat jam kerja, 5) GM turun langsung untuk melihat kinerja karyaannya dengan melakukan observasi ke setiap departemen dan bertanya langsung, 6) GM memberikan reward employee of the year berupa sertifikat 7) Karyawan bekerja belum sesuai dengan standar kerja yang ada di hotel, 8) GM turut andil dalam membuat keputusan per departemen dengan melakukan brefing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kepemimpinan gm (general manager) di Kawana Hotel Padang 2) Mendiskripsikan kinerja karyawan di Kawana Hotel Padang 3) Menganalisis pengaruh kepemimpinan gm (general manager) terhadap kinerja karyawan di Kawana Hotel Padang.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang diambil menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh. Data penelitian ini menggunakan data primer untuk variabel kepemimpinan GM (General Manager) dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Variabel kinerja karyawan analisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Kepemimpinan GM di Kawana Hotel Padang secara keseluruhan berada pada kategori cukup dengan persentase (86%) (2) Kinerja karyawan di Kawana Hotel Padang secara keseluruhan berada pada kategori cukup (70%) (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan gm terhadap kinerja karyawan di Kawana Hotel Padang. kepemimpinan gm terhadap kinerja karyawan 42,5 % sedangkan 57,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji regresi linear sederhana dengan nilai sig 0.019< 0.05 dan nilai R square sebesar 0,425 % hal ini berarti variabel kepemimpinan gm berpengaruh sebesar 42,5% terhadap kinerja karyawan di Kawana Hotel Padang dan 57,5% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: General Manager Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:16
Last Modified: 29 Sep 2025 01:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25806

Actions (login required)

View Item
View Item