Latar Belakang Rendahnya Minat Siswa SMPN 1 Pariaman Masuk SMK

Ardianto, Romi (2012) Latar Belakang Rendahnya Minat Siswa SMPN 1 Pariaman Masuk SMK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROMI ARDIANTO_83237_2012).pdf] Text
final_B1_ROMI ARDIANTO_83237_2012).pdf

Download (482kB)

Abstract

Lulusan SMP dituntut untuk memilih jenis pendidikan menengah yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanya. Lulusan siswa SMP sebagian besar memilih SMA, padahal masih ada sekolah lain yang bisa dimasukinya
misalnya SMK, dengan kata lain sedikit saja mereka yang memilih SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang rendahnya minat
siswa SMP masuk SMK. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMPN 1 Pariaman Kelas IX yang terdaftar pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2012 (127 orang).
Sampel penelitian sebanyak 56 orang, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Intrument yang digunakan adalah angket dan teknik analisis
yang dipakai adalah persentase. Temuan penelitian mengungkapkan latar belakang rendahnya minat siswa
SMP masuk SMK dipengaruhi: (1) Faktor internal yaitu cita-cita (86,4%),kemampuan (kecerdasan) (69,6%), keinginan memperoleh pekerjaan (62,5%),kemauan untuk berusaha (73,6%), persepsi tentang SMK (74,1%), (2) Faktor
eksternal yaitu kondisi ekonomi orang tua (62,9%), harapan orang tua (60,3%),teman (72%), harapan guru (57,1%). Disarankan kepada Guru BK untuk dapat meningkatkan minat siswa untuk masuk SMK dengan memanfaatkan layanan
konseling yang ada, misalnya memberikan layanan informasi, tes IQ, tes bakat dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 10:13
Last Modified: 26 Sep 2025 10:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25797

Actions (login required)

View Item
View Item