Motivasi Belajar Mahasiswa dan Pemanfaatan Internet Centre Serta Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNP

Septian, Rolli (2010) Motivasi Belajar Mahasiswa dan Pemanfaatan Internet Centre Serta Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROLLI_SEPTIAN_48733_2010.pdf] Text
final_B1_ROLLI_SEPTIAN_48733_2010.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauhmana hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan pemanfaatan Internet Centre dan Perpustakaan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi tahun masuk 2004, 2005, 2006, 2007 dan 2008 yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2008, sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik proporsional stratifiied random
sampling dari kelompok populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Analisis lanjutan yang dilakukan untuk motivasi belajar dengan pemanfaatan internet centre diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai
signifikansi kecil dari α = 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut sumbangan motivasi belajar terhadap pemanfaatan internet centre adalah sebesar 13,69%. Ini berarti motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan
pemanfaatan internet centre oleh mahasiswa. Sedangkan untuk variabel
pemanfaatan perpustakaan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai
signifikansi kecil dari α = 0,05. Secara parsial motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 13,98% terhadap pemanfaatan perpustakaan. Ini berarti motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan pemanfaatan
perpustakaan oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka sebaiknya mahasiswa memiliki
motivasi belajar yang tinggi agar bisa memaksimalkan pemanfaatan objek belajar secara langsung seperti pemanfaatan internet centre dan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:15
Last Modified: 26 Sep 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item
View Item