Septinus, Septinus (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Memindai melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe CIRC di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPTINUS_90714_3159_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPTINUS_90714_3159_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPTINUS_90714_3159_2011.pdf
Download (113kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam
penyampaian pembelajaran guru masih bersifat konvensional yang menyebabkan
peserta didik bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga
pembelajaran yang tercipta bersifat mononton. Untuk dapat meningkatkan dan
menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Untuk itu
penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca memindai
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan
cooperative learning tipe CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan bentuk penilaian
belajar siswa dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe CIRC
dalam pembelajaran membaca memindai.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi:
(1)Perencanaan,(2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan dua siklus yang dikelukan dengan cara bekerja sama antara peneliti
dengan sejawat, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Bandar
Buat Kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pencatatan
lapangan, observasi, dan evaluasi (tes).
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan kemampuan membaca memindai siswa dari evaluasi tindakan
siklus I rata-rata persentase ketuntasan siswa siswa yakni 61,29%, sedangkan pada
evaluasi tindakan siklus II rata-rata persentase ketuntasan siswa yakni 93,54%.
Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan pendekatan cooperative learning tipe CIRC dapat meningkatkan
kemampuan membaca memindai siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25746 |