Sastri, Ridha Yola (2010) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesi Teknisi Muda Akuntansi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIDHA YOLA SASTRI_73760_2010.pdf [thumbnail of final_B1_RIDHA YOLA SASTRI_73760_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIDHA YOLA SASTRI_73760_2010.pdf
Download (247kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana (1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesi teknisi muda akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi, (2) Pengaruh persepsi siswa tentang profesi teknisi muda akuntansi terhadap motivasi belajar dan (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 3 Padang yang berjumlah 73 orang. Teknik penarikan sampel adalah Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, Uji asumsi klasik: Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, Uji Model, Analisis Jalur, dan Uji hipotesis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan positif dari persepsi siswa tentang profesi teknisi muda akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat sig 0,024 < α = 0,05; t hitung = 2.306 > t = 1,994 dan koefisien jalur 0,247 serta besarnya pengaruh 6.10% . (2) Terdapat pengaruh yang signifikan positif dari persepsi siswa tentang profesi teknisi muda akuntansi terhadap motivasi belajar dengan tingkat sig 0,007 < α = 0,05; t hitung tabel = 2.770> t = 1,994 dan koefisien jalur 0,312 serta besarnya pengaruh 9.73%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan positif dari motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat sig 0,000 < α = 0,005; t hitung = 3,667 > t = 1,994 dan koefisien jalur 0,398 serta besarnya pengaruh 15,44%. tabel Berdasarkan hasil penelitian di atas, disaran kepada guru untuk lebih meningkatkan pemahaman kepada siswa tentang profesi teknisi muda akuntansi sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kepada siswa agar lebih mandiri dalam belajar dengan mencari sumber-sumber belajar yang lain. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesi teknisi muda akuntansi,SMK Negeri 3 Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25743 |