Upaya Meningkatkan Aktivitas Gerak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Modifkasi Permainan Bola Besar di SMP Negeri 6 Pariaman

Ferdian, Rendy (2022) Upaya Meningkatkan Aktivitas Gerak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Modifkasi Permainan Bola Besar di SMP Negeri 6 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RENDY_FERDIAN_17086282_307_2022 (26 JAN.pdf] Text
B1_01_RENDY_FERDIAN_17086282_307_2022 (26 JAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya aktivitas gerak peserta didik
dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas VIII 1 di
SMPN 6 Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitis
gerak peserta didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan
Kesehatan kelas VIII 1 di SMPN 6 Kota Pariaman.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).
Intrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas gerak dalam
permainan modifikasi bola voli yang diisi oleh teman sejawat. Populasi penelitian
ini mengambil seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Pariaman dengan
Jumlah 116 yang terdiri dari siswa putra 60 dan putri 47 siswa. Sampel penelitian
ini menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel kelas yaitu kelas VIII 1,
dengan banyak sampel 29 orang, terdiri dari siswa putra 15 dan putri 14 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan.
Diketahui hasil pertemuan 1 didapat rata-rata aktivitas gerak siswa yaitu 66,66.
Dari hasil pertemuan 2 didapat rata-rata aktivitas gerak siswa yaitu 72,41%. Hasil
ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran yang
sudah diterapkan tergolong baik namun masih belum mencapai indicator
keberhasilan. Selanjutnya pada pertemuan 3 didapat rata-rata aktivitas gerak siswa
yaitu 77.01%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas gerak siswa belum
mencapai nilai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% ,namun sejauh ini hasil
dari persentase yang ada angka ini sudah cukup baik untuk mencapai indikator
keberhasilan. Penelitian ini dicukupkan pada pertemuan 3 karena sesuai yang
dilihat dari setiap pertemuan sudah adanya peningkatan aktivitas gerak siswa dari
setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa proses pembelajaran
dalam bentuk permainan modifikasi bola besar khususnya dalam peramianan bola
voli dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:07
Last Modified: 26 Sep 2025 08:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25737

Actions (login required)

View Item
View Item