Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi Secara Kelompok dan Individu pada Siswa Kelas II SMKN 2 dan SMKN 3 Padang

Karnita, Rici (2011) Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi Secara Kelompok dan Individu pada Siswa Kelas II SMKN 2 dan SMKN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RICI_KARNITA_88680_4650_2011.pdf] Text
final_B1_RICI_KARNITA_88680_4650_2011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan resitasi secara kelompok dan metode tugas dan resitasi secara individu pada siswa kelas II SMKN 2 dan SMKN 3 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran metode pembelajaran pemberian tugas dan resitasi secara kelompok dan metode tugas dan resitasi secara individu pada siswa kelas II SMKN 2 dan SMKN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas II akuntansi SMK N 2 Padang dan siswa kelas II akuntansi SMK N 3 Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah judgment Purposes Sampling Method, yaitu metode pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu, karena sampel ini mempunyai ciri- ciri khusus yang tidak dimiliki sampel lainnya, sehingga diperoleh kelas IIB pada SMK N 2 Padang sebagai kelas eksperimen 1 dan SMK N 3 Padang sebagai kelas eksperimen 2. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z. i 1 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pada SMK N 2 Padang 87,90 lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2 SMK N 3 Padang 80,80, dan pada hasil post-test (tes akhir) diperoleh nilai Z (2.23 > 1.96) yang membuktikan hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan resitasi secara kelompok dan metode tugas dan resitasi secara individu pada siswa kelas II SMKN 2 dan SMKN 3 Padang. Dimana penggunaan metode pembelajaran Pemberian tugas dan resitasi secara kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Pemberian tugas dan resitasi secara individu. Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan metode pembelajaran pemberian tugas dan resitasi secara kelompok, sebagai alternatif dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran,Pemberian tugas,SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:05
Last Modified: 26 Sep 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25727

Actions (login required)

View Item
View Item