Pardinan, Pardinan (2011) Pengaruh Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI/IPS di SMA Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PARDINAN_08052_2799_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PARDINAN_08052_2799_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PARDINAN_08052_2799_2011.pdf
Download (254kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh motivasi
belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas
XI/IPS untuk itu dilakukan penelitian di SMA Negeri 6 Padang.
Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah
seluruh siswa kelas XI/IPS. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kelas
dengan teknik proporsional cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah
kelas XI/IPS1, XI/IPS2 dan XI/IPS3 dengan jumlah siswa 52 orang. Data primer
dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan skala likert dan data sekunder
diperoleh dari data hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa semester ganjil
2010/2011. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
inferensial yang terdiri dari uji normalitas sebaran data, uji homogenitas, uji
multikolinearitas dan, uji F, uji T, regresi linear berganda dengan α 5%.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa data nilai rata-rata hasil belajar
adalah 71,58. Skor rata-rata variabel motivasi belajar adalah 4 dengan TCR 72%
dikategorikan memiliki motivasi yang baik dalam belajar dan skor rata-rata variabel
cara belajar adalah 3 dengan TCR 63%, yang artinya siswa mempunyai cara belajar
yang baik dalam belajar. Sedangkan dari analisis inferensial menunjukkan bahwa:
(1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar mata
pelajaran ekonomi, signifikan pada 0,036 kecil dari α 5%. (2) terdapat pengaruh
yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi,
signifikan pada 0,026 kecil dari α 5%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan
motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi,
(Sig = 0,006 < α = 5%). Kontribusi motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 18,8%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:47 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25707 |