Pengaruh Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI/IPS di SMA Negeri 6 Padang

Pardinan, Pardinan (2011) Pengaruh Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI/IPS di SMA Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PARDINAN_08052_2799_2011.pdf] Text
final_B1_PARDINAN_08052_2799_2011.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh motivasi
belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas
XI/IPS untuk itu dilakukan penelitian di SMA Negeri 6 Padang.
Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah
seluruh siswa kelas XI/IPS. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kelas
dengan teknik proporsional cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah
kelas XI/IPS1, XI/IPS2 dan XI/IPS3 dengan jumlah siswa 52 orang. Data primer
dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan skala likert dan data sekunder
diperoleh dari data hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa semester ganjil
2010/2011. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
inferensial yang terdiri dari uji normalitas sebaran data, uji homogenitas, uji
multikolinearitas dan, uji F, uji T, regresi linear berganda dengan α 5%.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa data nilai rata-rata hasil belajar
adalah 71,58. Skor rata-rata variabel motivasi belajar adalah 4 dengan TCR 72%
dikategorikan memiliki motivasi yang baik dalam belajar dan skor rata-rata variabel
cara belajar adalah 3 dengan TCR 63%, yang artinya siswa mempunyai cara belajar
yang baik dalam belajar. Sedangkan dari analisis inferensial menunjukkan bahwa:
(1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar mata
pelajaran ekonomi, signifikan pada 0,036 kecil dari α 5%. (2) terdapat pengaruh
yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi,
signifikan pada 0,026 kecil dari α 5%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan
motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi,
(Sig = 0,006 < α = 5%). Kontribusi motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 18,8%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:47
Last Modified: 26 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25707

Actions (login required)

View Item
View Item