Upaya Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bersusun ke Bawah dengan Satu Kali Menyimpan melalui Media Papan Planel bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas C D.3 di SLB Luki Padang.

Zaharni, Nelpi (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bersusun ke Bawah dengan Satu Kali Menyimpan melalui Media Papan Planel bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas C D.3 di SLB Luki Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NELPI_ZAHARNI_50912_2011.pdf] Text
final_B1_NELPI_ZAHARNI_50912_2011.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum mampunya anak tunagrahita ringan kelasD.III menjumlah bersusun ke bawah dengan teknik menyimpan. Dimana dalammenjumlah satuan dan puluhan, anak menuliskan hasil penjumlahan semua,ditambah anak dalam malas dalam mencari karena menulis sangat lama. Hal inidisebabkan media yang digunakan belum mampu untuk meningkatkan kemampuanmenjumlah anak. Oleh sebab itu dalam penelitian ini digunakan media papan planel.Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuanmenjumlahkan bersusun ke bawah dengan satu kali teknik menyimpan pada anaktunagrahita ringan kelas C.D.III melalui media papan planel.Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom actionresearch) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas pada duaorang subjek penelitian yaitu anak tunagrahita ringan kelas C.D.III SLB LukiPadang. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi.Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran penjumlahanbersusun ke bawah dengan teknik satu kali menyimpan dengan menggunakan mediapapan planel dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus diawali dengankegiatan perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan akhir), observasi,analisis dan dan refleksi. 2) Hasil dari pembelajaran dengan menggunakan mediapapan planel terhadap kemampuan penjumlahan bersusun ke bawah dengan satu kaliteknik menyimpan meningkat. Hal ini dapat dilihat pada siklus I antara RM dan APmemperoleh nilai (40), sedangkan pada siklus II semakin meningkat denganmemperoleh nilai pada RM (90) dan AP (80) dari 10 soal menjumlah dengan tekniksatu kali menyimpan yang diujikan. Dengan demikian, dapat disarankan pada pihaksekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan media papan planeldalam penjumlahan teknik menyimpan lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PAPAN PLANEL, ANAK TUNAGRAHITA RINGAN, PENDIDIKAN LUAR BIASA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:47
Last Modified: 26 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item
View Item