Safitri, Lustian Mayra (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Pendekatan Quantum Teaching pada peserta didik Kelas IV SD N 21 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LUSTIAN_MAYRA_SAFITRI_90741_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LUSTIAN_MAYRA_SAFITRI_90741_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LUSTIAN_MAYRA_SAFITRI_90741_2011.pdf
Download (184kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Bandar Buat kota Padang kesulitan memahami isi teks bacaan, menemukan kalimat utama pada bacaan, menceritakan kembali isi bacaan dan membuat ringkasan teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahap prabaca, tahap saatbaca, dan tahap pascabaca pada pembelajaran membaca pemahaman dengan pendekatan quantum teaching sehingga dapat menunjang peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD. Hal ini tercermin dari (1) penggunaan pendekatan quantum teaching dapat memotivasi peserta didik untuk bebas mengeluarkan pendapatnya, aktif, dan produktif sehingga kendala yang sering menghambat peserta didik yang semula takut, dan malu dapat teratasi, (2) peserta didik terlatih dalam mengemukakan prediksi yang dibuatnya, berani mengemukakan pendapat dan bersedia mendengar pendapat orang lain serta mau menerima pendapat orang lain, (3) kemampuan membaca pemahaman peserta didik semakin meningkat, dari semula kurang mampu menemukan kalimat utama tiap paragraf dan membuat ringkasan. Hasil penelitian siklus I diperoleh penilaian membaca peserta didik adalah 64%. Hasil penelitian siklus II diperoleh penilaian membaca peserta didik adalah 82%. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh peserta didik, terlihat peningkatan membaca pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan pendekatan quantum teaching dapat tercapai dengan baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, QUANTUM TEACHING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:41 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25677 |