Darlina, Nella (2011) Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS Siswa di Kelas V SD N 01 Pasar Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NELLA_DARLINA_83259_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NELLA_DARLINA_83259_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NELLA_DARLINA_83259_2011.pdf
Download (514kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena guru kurang menerapkan pendekatanyang tepat dalam pembelajaran IPS, siswa tidak dilatih untuk menemukan danmengemukakan pendapatnya sendiri sehingga siswa mengalami kesulitan dalampembelajaran. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Salah satualternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan metodebermain peran.Sabjek penelitian ini adalah peneliti, siswa, dan observer. Siswa yangmenjadi sabjek adalah siswa kelas V SDN 01 Pasar Ladang Panjang KecamatanTigo Nagari Kabupaten Pasaman yang berjumlah 30 orang, terdiri atas 16 oranglaki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahunajaran 2010/2011selama 6 minggu, sesuai dengan program semester yang telahditerapkan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan didukungpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2siklus.Hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peranmengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pembelajaran padasiklus I pertemuan 1 adalah 7,7, siklus I pertemuan 2 adalah 7,9, dan semakinmeningkat pada siklis II adalah 8,7. Peningkatan ini dikarenakan adanya beberapaperlakukan pada siklus II yaituguru merencanakan waktu dengan lebih baik danmemberikan waktu kepada siswa untuk menghafal skenario, mengunakan mediapembelajaran seperti kokarde yang digunakan siswa pada saat bermain peran.Sehingga dengan demikian hasil siklus II mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BERMAIN PERAN, HASIL PEMBELAJARAN IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25676 |