Pengaruh Pemberian Tugas Rumah pada Strategi Belajar Aktif Tipe Listener Team terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTs Al-Furqan Padang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Sukma, Nella (2012) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah pada Strategi Belajar Aktif Tipe Listener Team terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTs Al-Furqan Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NELLA SUKMA.pdf] Text
final_B1_NELLA SUKMA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Al-Furqan Padangdisebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pembelajaran biologi masih terpusatpada guru, siswa hanya mendengar dan memperhatikan. Guru cendrungmenggunakan model ceramah sehingga guru lebih mendominasi danmenyebabkan siswa jadi kurang aktif. Selain itu, kurangnya kesiapan siswa untukmengikuti proses pembelajaran sehingga tugas yang diberikan tidak dikerjakansecara maksimal. Pemberian tugas rumah pada strategi belajar aktif tipe ListenerTeam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh pemberian tugas peta konsep pada strategi belajar aktif tipeListener Team terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII MTs AlFurqan Padang tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakanrancangan. The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian adalahseluruh siswa kelas VIII MTs Al-Furqan Padang. Pengambilan sampel dilakukandengan menggunakan teknik Saturation Sampling, dan terpilih kelas VIII2 sebagaikelas kontrol dan kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini adalahdata primer yang diperoleh dari hasil tes siswa di akhir penelitian. Data yangdidapat selanjutnya dianalisis dengan uji t’ dengan kriteria hipotesis diterimaapabila –t’tabel < t’hitung < t’tabel, selain itu hipotesis ditolak.Hasil penelitian, pada kelas eksperimen nilai hasil belajar rata-rata 75,23lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil belajar rata-rata kelas kontrol yaitu71,25. Dengan demikian hipotesis diterima. Hasil uji hipotesis dengan uji t’diketahui bahwa harga –t’tabel adalah -14,6 < t’hitung adalah 1,06 < t’tabel 14,6.Dapat disimpulkan, pemberian tugas rumah pada strategi belajar aktif tipeListener Team berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIIMTs Al-Furqan Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI BELAJAR AKTIF, HASIL BELAJAR BIOLOGI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:34
Last Modified: 26 Sep 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item
View Item