Nelfitra, Nelfitra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NELFITRA_10549_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NELFITRA_10549_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NELFITRA_10549_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPS di kelas IV masihdilaksanakan secara konvensional. Guru masih mendominasi pembelajarandengan menggunakan metode ceramah. Sementara siswa hanya menerimainformasi dari guru. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan penelitiantindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran disuatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelastersebut. Dalam hal ini Model Cooperative Learning Tipe Numbered HeadTogether (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektifdan efesien untuk dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daurulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan,melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakandan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan, kegiatan tindakan,dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kalisiklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan.Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus yangmenunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPS dengan menggunakan ModelCooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Jika dilihat darihasil belajar yang diperoleh siswa pada masing-masing siklus, maka hasil belajarpada siklus I 66.1 dan. pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik, padasiklus II ini mencapai hasil 78.1. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa modelkooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV sekolahdasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:19 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25642 |