Miswardi, Miswardi (2014) Kontribusi Cara Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur Elektronika Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MISWARDI_ 13765_1090_2014.pdf [thumbnail of B1_05_MISWARDI_ 13765_1090_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MISWARDI_ 13765_1090_2014.pdf
Download (813kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata
pelajara penggunaan alat ukur elektronika siswa kelas X teknik Audio Video
SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota, dimana 37,3% siswa
mendapatkan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran penggunaan alat ukur
elektronika yaitu 70 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengungkapkan kontribusi cara belajar dan media pembelajaran terhadap
hasil belajar pada mata pelajaran Penggunaan alat Ukur Elektronika kelas X
Teknik Audio Video SMK Negeri 1 kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 59
orang dan sampel berjumlah 37 orang siswa kelas X Teknik Audo Video SMK
Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Pelajaran 2012/2013.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling).
Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Penggunaan Alat Ukur
Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota. Sedangkan
data cara belajar dan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket dengan
menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di
analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel
2007 dan SPSS Version 16. Hasil analisis data menunjukkan: (1) cara belajar
memberikan kontribusi sebesar 19,82% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri
1 Kecamatan guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) media
pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 25,16% terhadap hasil belajar siswa
SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Pelajaran
2012/2013; (3) Cara belajar dan Media pembelajaran secara bersama-sama
memberikan kontribusi sebesar 27,84% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri
1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Pelajaran 2012/2013. Jadi dapat
disimpulkan bahwa Cara belajar dan Media Pembelajaran berkontribusi terhadap
hasil belajar, semakin baik cara belajar siswa dalam proses belajar mengajar dan
semakin baik penggunaan media pembelajaran, maka hasil belajar akan semakin
tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Ukur Elektronika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:17 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25625 |