Lussianda, Erfa Okta (2010) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Efisiensi Pembelajaran dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_OTFA_OKTA_LUSSIANDA_77676_2010.pdf [thumbnail of final_B1_OTFA_OKTA_LUSSIANDA_77676_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_OTFA_OKTA_LUSSIANDA_77676_2010.pdf
Download (231kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi
mahasiswa tentang efisiensi pembelajaran dan kreativitas belajar mahasiswa terhadap
indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri
Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif, yang kegunaannya adalah
untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang diteliti sebagaimana adanya dan
menentukan besar kontribusi variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan
analisa statistik dan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi
dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas
Negeri Padang angkatan 2005, 2006, dan 2007 sebanyak 86 orang. Teknik penarikan
sampel adalah stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket. Sebelum angket digunakan
terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas
dari angket yang telah penulis rancang. Analisis data dilakukan dengan 2 cara yaitu
analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) persepsi mahasiswa tentang efisiensi
pembelajaran dan kreativitas belajar mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa
Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi masuk dalam kategori cukup
baik. 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi mahasiswa tentang efisiensi
pembelajaran terhadap indeks prestasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi
dengan tidak siginifikan sebesar 0,059. 3) terdapat pengaruh yang signifikan dari
kreativitas belajar mahasiswa indeks prestasi mahasiswa program studi pendidikan
ekonomi Universitas Negeri Padang dengan nilasi signifikan sebesar 0,015.
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan yaitu disarankan kepada pihak yang
terkait untuk dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran dan kreativitas belajar mengajar
mahasiswa program studi pendidikan ekonomi fakultas ekonomi Universitas Negeri
Padang, karena temuan penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh yang
signifikan dari persepsi mahasiswa tentang efisiensi pembelajaran terhadap indeks
prestasi dan terdapat pengaruh signifikan dari kreativitas belajar terhadap indeks prestasi
mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Padang. dengan
adanya peningkatan kreativitas belajar ini tentunya akan dapat meningkatkan hasil
belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INDEKS PRESTASI MAHASISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25619 |