Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 7 Padang

Putra, Rian Pramanda (2011) Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIAN_PRAMANDA_PUTRA_64250_5558_2011.pdf] Text
final_B1_RIAN_PRAMANDA_PUTRA_64250_5558_2011.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan gambaran tentang penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMA Negeri 7 Padang. Berhubung . Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada proses pembelajaran seni musik di SMA Negeri 7 Padang. Berhubung sekolah ini sudah menerapkan KTSP sejak 2007, maka penelitian dilaksanakan disekolah ini khususnya pada perangkat mengajar yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersumber dari data atau keterangan yang dihimpun dari kejadian-kejadian pada suatu tempat dan waktu tertentu, dokumen-dokumen yang bisa dipelajari, atau penjelasan dari penuturan dari orang yang diteliti, yang sifatnya bisa menjelaskan, ditafsirkan atau diterjemahkan pada saat menarik suatu kesimpulan. Karena kesimpulan hasil penelitian lebih bersifat data dan fenomena, penelitian ini secara umum akan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dengan menggunakan instrument pedoman wawancara dan teknik pengumpulan data melalui pengamatan dengan instrument daftar cocok. Setelah data diperoleh dari daftar instrument pertanyaan tersebut, maka data diolah dengan langkah – langkah mengidentifikasi data tersebut dan mengklasifikasikannya. Setelah itu data dideskripsikan dengan lugas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan KTSP pada pembelajaran seni musik di SMA Negeri 7 Padang khususnya pada pembuatan perangkat mengajar seperti RPP sudah terlaksana dengan baik. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi guru seperti kurang pahamnya terhadap pembuatan RPP yang sesuai dengan KTSP, pengolahan materi ajar dan pemilihan materi yang tepat. Namun proses belajar mengajar tetap terlaksana di sekolah ini dengan baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:36
Last Modified: 25 Sep 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item
View Item