Helsiswanti, Helsiswanti (2011) Upaya Meningkatkan Persepsi Dengar Anak melalui Permainan Tebak Suara di TK Al Ishlah I Silungkang Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HELSISWANTI_10134_2411_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HELSISWANTI_10134_2411_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HELSISWANTI_10134_2411_2011.pdf
Download (339kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan di TK Al Ishlah I Silungkang Kota Sawahlunto. Identifikasi masalah
dalam penelitian ini adalah anak kurang merespon apa yang didengar, anak
kurang aktif dan termotivasi motivasi dalam kegiatan pembelajaran, penyampaian
materi pembelajaran di area pengembangan bahasa belum merangsang persepsi
dengar anak, penggunaan media belum relevan dengan tujuan pembelajaran,
khususnya pengembangan persepsi dengar, jenis permainan yang dikembangkan
oleh guru belum sepenuhnya meningkatkan persepsi dengar anak, metode
pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan didominasi
oleh guru (teacher centered). Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan persepsi dengar anak, kemampuan bahasa, motivasi belajar, dan
konsentrasi anak melalui permainan tebak suara di TK Al Ishlah I Silungkang
Kota Sawahlunto.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif (mixing method)
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi
berupa portofolio. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan
siklus II. Masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan.
Penelitian tindakan kelas terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan persepsi dengar anak
meningkat setelah melakukan permainan tebak suara. Hal tersebut dapat dilihat
dari persentase pencapaian siswa pada siklus I dan siklus II. Tingkat capaian
siswa pada siklus I adalah 14,07% dan mengalami peningkatan pada siklus II
mencapai 78,7 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan tebak
suara dapat meningkatkan persepsi dengar anak di TK Al Ishlah I Silungkang
Kota Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 09:35 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25606 |