engaruh Games Elektronik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Anggraini, Ria (2010) engaruh Games Elektronik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIA_ANGGRAINI_67693_2010.pdf] Text
final_B1_RIA_ANGGRAINI_67693_2010.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh games elektronik secara langsung terhadap hasil belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang (2) pengaruh games elektronik secara langsung terhadap motivasi belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang (3) pengaruh games elektronik terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, IX SMP Pembangunan Laboratorium Padang yang berjumlah 554 orang. Teknik penarikan sampel dengan stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 81 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu : uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara games elektronik terhadap hasil belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang dengan tingkat sig 0,000<α=0,05 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara games elektronik terhadap motivasi belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang dengan tingkat sig 0,000 < α = 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan games elektronik terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang dengan tingkat sig 0,000 < α = 0,05. Rata-rata tingkat games elektronik siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang yaitu 2,748 tahun termasuk dalam kategori sedang, rata-rata motivasi belajar siswa SMP Pembangunan Laboratorium Padang yaitu 3,549 termasuk dalam kategori tinggi. Rata-rata hasil belajar siswa pada semester 1 tahun pelajaran 2009-2010 yaitu 64,24. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada orang tua siswa untuk berperan aktif mengawasi anak dalam bermain games elektronik baik games yang ada di komputer, laptop, HP, videogames, playstation dan game online. Dengan memberikan gambaran manfaat dan kerugian akan seringnya bermain games elektonik terhadap motivasi dan hasil belajar di sekolah akan membantu mencegah anak untuk kecanduan main games elektronik. Pembiaran hanya akan membuat kecanduan menjadi soal waktu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Games elektronik,SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:00
Last Modified: 25 Sep 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25585

Actions (login required)

View Item
View Item