Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Benda-benda Alam Sekitar Anak di TK Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh.

Nefiarni, Nefiarni (2011) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Benda-benda Alam Sekitar Anak di TK Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NEFIARNI_95773_2011.pdf] Text
final_B1_NEFIARNI_95773_2011.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas B1 di TK.Dharmawanita Persatuan KotaPayakumbuh, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa kemampuan kognitifanak masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya alat peraga yang digunakanguru sebagai media pada berhitung dan mengenal angka pada anak. Salah satuupaya yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anak Usia Dini adalahdengan menggunakan permainan benda-benda alam sekitar anak.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah permainan benda-benda alamdapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK. Dharmawanita PersatuanKota Payakumbuh khususnya anak kelas B1.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimanakah cara denganpermainan benda-benda alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif anakkelas B1 di TK. Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anakkelas B1 TK. Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orangperempuan. Data tentang kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran diperolehdari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan kognitifanak kategori sangat tinggi sebelum tindakan adalah 13%, pada siklus I rataratanya 47%, sedangkan pada siklus II rata-ratanya 93%. Hal ini menunjukkanbahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakansampai dilakukan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan bendabenda alam sekitar anak dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuankognitif anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK, BENDA-BENDA ALAM SEKITAR ANAK
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:59
Last Modified: 25 Sep 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25580

Actions (login required)

View Item
View Item