Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Soal Cerita Satuan Waktu dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 16 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang.

Nedra, Nedra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Soal Cerita Satuan Waktu dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 16 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NEDRA_90360_2011.pdf] Text
final_B1_NEDRA_90360_2011.pdf

Download (192kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas IV SD Negeri 16 Simpangharu Kecamatan Padang Timur Kota Padang, masih banyak siswa mengalamikesulitan dalam menyelesaikan soal-soal cerita matematika yang berhubungandengan satuan waktu. Hal ini disebabkan karena metode mengajar yang digunakanadalah metode ceramah. Siswa kurang memahami maksud dari soal cerita, sehinggatidak bisa membedakan mana yang diketahui, ditanya, dan penyelesaian dari soalcerita tersebut. Dalam menyelesaikan soal cerita, siswa belum pahammenterjemahkan dalam bahasa matematika, sehingga siswa sendiri kebingungandalam memahami maksud soal tersebut. Permasalahan lain yaitu, kemampuan gurudalam membuat dan menerangkan soal cerita yang mudah dipahami oleh siswa belumsepenuhnya bisa, dengan demikian soal yang akan dikerjakan siswa tidakterselesaikan dengan baik. Pencontohan yang diberikan oleh guru dalam soal ceritahanya diberikan dengan metode ceramah dan penugasan saja, sehingga berpengaruhterhadap siswa untuk memahami soal tersebut. Tujuan penelitian adalahmendeskripsikan rancangan pelaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan pelaksanaanpembelajaran, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika tentangsoal cerita satuan waktu dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SDNegeri 16 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di kelas IV SD Negeri 16Simpang Haru Kecamatan Padang Timur. Teknik pengumpulan data pada penelitianini adalah tes dan observasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisa datakualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian dari hasil belajar pada siklus I dapat dilihat dari rata-rata nilapada siklus I yaitu 57,67 dan siklus II yaitu 81,33 mengalami peningkatan sebesar23,67%. Begitu juga siswa yang tuntas dari siklus I ke siklus II meningkat dari 46,67% menjadi 93,33%. Berdasarkan kesimpulan diatas maka tujuan pembelajaran yangdiharapkan pada siklus II sudah tercapai. Siswa sudah dapat menterjemahkan soalcerita satuan waktu ke dalam kalimat matematika dan menyelesaikannya dengan baikdan benar. Dengan demikian upaya untuk menggunakan pendekatan kontekstualdalam pembelajaran soal cerita satuan waktu sudah berjalan dengan baik dan sudahmencapai hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR MATEMATIKA, PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:50
Last Modified: 25 Sep 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25577

Actions (login required)

View Item
View Item