Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Cacah dengan Menggunakan pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 02 Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota

Helmiwati, Helmiwati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Cacah dengan Menggunakan pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 02 Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HELMIWATI_50534_2011.pdf] Text
final_B1_HELMIWATI_50534_2011.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
belajar pembagian bilangan cacah sering didominasi oleh guru sebagai sumber
informasi dan model belajar yang digunakan pada umumnya bersifat
konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil
belajar yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan data nilai ujian mid
semester matematika kelas IV, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di
bawah standar. Dari itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin
mencoba meningkatkan hasil belajar Matematika dengan Pendekatan
Konstrukvisme di kelas IV SD Negeri 02 Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota.
Pelaksanaan pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme yaitu dengan
langkah-langkah: pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating
knowledge), pemerolehan pengetahuan baru (acquiring knowledge), pemahaman
pengetahuan (understanding knowledge), menerapkan pengetahuan dan
pengalaman yang diperoleh (applying knowledge), dan melakukan refleksi
(reflecting on knowledge). Melalui pembelajaran seperti itu menuntut siswa
untuk menguasai seluruh topik yang dipelajari.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada semester II tahun ajaran
2010/2011 di kelas IV SD Negeri 02 Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota dengan
2 siklus dan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil
belajar siswa meningkat. Nilai rata-rata siswa pada tes yang diadakan tindakan
pada siklus I dengan rata-rata 6,3. Kemudian diadakan lagi tindakan pada siklus II
nilai rata-rata siswa meningkat yaitu mencapai 7,7. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa di kelas IV SD Negeri 02 Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota.
Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran
dengan pendekatan konstruktivisme tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan
minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:55
Last Modified: 25 Sep 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item
View Item