Marlia, Sestiani (2011) Penanaman Nilai-nilai Moral Anak Usia Dini dengan Bercerita Gambar Berseri di TK Lenggogeni Sungai Tarab Tanah Datar (Studi Deskriptif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SESTIANI_MARLIA_10162_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SESTIANI_MARLIA_10162_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SESTIANI_MARLIA_10162_2011.pdf
Download (291kB)
Abstract
Penanaman nilai-nilai moral pada Anak Usia Dini sangat penting, baik di
lingkungan rumah maupun sekolah, adanya anak yang berperilaku tidak jujur,
kurangnya sopan santun pada anak, serta mulai memudarnya perilaku sosial yang
mengandung nilai moral yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan signifikansi bercerita gambar seri terutama dalam penanaman
nilai-nilai pada anak usia dini di TK Lenggogeni Sungai Tarab Tanah Datar.
Metodologi dalam penelitian ini adalah metodologi dengan pendekatan
kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif,
populasi pada penelitian ini adalah murid TK Lenggogeni Sungai Tarab Tanah
Datar Tahun Ajaran 2010/2011 dan sampel pada kelas B1 dengan jumlah murid
20 orang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster sampling.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya, angket, observasi,
dokumentasi dan wawancara, analisis data yang digunakan, cara menganalisis
data angket penulis menggunakan Program SPSS for Window Release 13.0. dan
cara menganalisis hasil observasi, data dikelompokkan dalam bentuk (Reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan), analisis data wawancara
dikategorikan dalam bentuk persentase (SB) Sangat Baik, (B) Baik, dan ( TB)
Tidak baik
Hasil Moralitas peserta didik menghormati orang tua dan orang yang
lebih tua menunjukkan berhasil sesuai harapan dengan persentase 65%. Berbahasa
sopan dan bermuka manis, berbicara dengan suara yang ramah dan teratur tidak
berteriak menunjukkan berhasil sesuai harapan dengan persentase 75%. Dapat
menunjukkan perbuatan yang benar dan salah menunjukkan berhasil sesuai
harapan dengan persentase 60%. Dapat menunjukkan perbuatan mana yang benar
dan salah pada suatu persoalan menunjukkan berhasil sesuai harapan dengan
persentase 50%. Penanaman nilai-nilai moral pada peserta didik melalui metode
bercerita menunjukkan berhasil sesuai harapan dengan persentase 70%.
Penanaman nilai-nilai moral pada peserta didik melalui penerapan gambar seri
menunjukkan berhasil sesuai harapan dengan persentase 95%
Implikasi pada penelitian ini adalah bercerita gambar seri dapat menjadi
salah satu alternatif yang sangat berpengaruh terhadap pengembangan nilai-nilai
moral pada anak semenjak dini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25556 |