Natanael, Natanael (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendakatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di elas IV SDN 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NATANAEL_90698_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NATANAEL_90698_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NATANAEL_90698_2011.pdf
Download (199kB)
Abstract
Pembelajaran IPS pada siswa SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan LubukKilangan Kota Padang, masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusatkepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Untuk itu peneliti tertarik untukmemperbaiki proses pembelajaran IPS khususnya pembelajaran tentang koperasidengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).Pendekatan CTL dirasakan mampu mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatanhasil belajar IPS dengan mengunakan pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu:konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi danpenilaian otentik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifdan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yangdilakukan secara kolaboratif dengan guru IPS. Setiap siklus terdiri atas kegiatanperencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi padamasing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran2010/2011 di SD Negeri 10 Bandar Buat dengan Subjek penelitian terdiri dari siswakelas IV SD Negeri 10 Banar Buat yang berjumlah sebanyak 34 orang. Analisis datadilakukan dengan menggunakan model analisis data.Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I 68% .siklus Ipertemuan 2 77% sedangakan siklus II pertemuan 1 97% pada siklus II pertemuan 298%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan CTL dapatmeningkatkan hasil belajar IPS yaitu tentang koperasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING, HASIL BELAJAR SENI MUSIK |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25550 |