Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SDN 46 Kuranji Kota Padang.

Naswardi, Naswardi (2010) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SDN 46 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NASWARDI_90465_259_2011.pdf] Text
final_B1_NASWARDI_90465_259_2011.pdf

Download (137kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis selama menyelenggarakan prosespembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 46 Kuranji Kota Padang bahwakemampuan siswa dalam menulis argumentasi masih rendah. Hal ini terlihat darihasil tulisan argumentasi siswa yang banyak mengalami kesalahan dan nilai ratarata siswa dibawah KKM. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebutdilakukan PTK agar bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulisargumentasi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulisargumentasi siswa kelas V SDN 46 Kuranji Padang melalui penerapan pendekatankonstruktivisme. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam tiga kegiatan yaitupendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri dari tahap apersepsidan orientasi. Kegiatan inti terdiri dari tahap pra penulisan, penulisan dan pascapenulisan. Sementara itu kegiatan penutup terdiri dari kegiatan publikasi danreview.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatifdihimpun dari hasil tes menulis argumentasi siswa. Sedangkan data kualitatifdikumpulkan dari hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi foto. Jenispenelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus. Setiap siklus PTKdilaksanakan dengan prosedur: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatankonstruktivisme dalam pembelajaran menulis argumentasi di kelas V SDN 46Kuranji terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.Efektifitas tersebut tercermin dalam hal berikut: (1) penggunaan pendekatankonstruktivisme dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan gembira danefektif, (2) hasil menulis argumentasi siswa meningkat, terbukti dari karya siswaberupa tulisan argumentasi yang jauh lebih baik dari sebelumya, serta (3)ketrampilan menulis siswa meningkat sesuai dengan kriteria yang dituntut dalamsebuah tulisan argumentasi, (4) siswa lebih berani mengeluarkan pendapat danbisa menerima perbedaan dan (5) guru berubah fungsi menjadi fasilitator danmotivator. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai penelitian tindakan kelasyang diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa pada siklus I dan II. Padasiklus I, kinerja guru bernilai 73,33 dan sikap siswa bernilai 70. Sementara itupada siklus II, kinerja guru bernilai 83,33 dan sikap siswa bernilai 82. Nilai ratarata tulisan argumentasi siswa pada siklus I yaitu 6,39 sedangkan pada siklus II7,29. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwapembelajaran menulis argumentasi dengan pendekatan konstruktivisme terhadapsiswa kelas V SDN 46 Kuranji terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI, PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:15
Last Modified: 25 Sep 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25527

Actions (login required)

View Item
View Item