Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check pada Bidang Studi Matematika Kelas VII MTsN Batu Tebal Tanah Datar Tahun Pelajaran 2010/2011.

Wahyuni, Nanik (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check pada Bidang Studi Matematika Kelas VII MTsN Batu Tebal Tanah Datar Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NANIK WAHYUNI-72935-2011.pdf] Text
final_B1_NANIK WAHYUNI-72935-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di sekolah bahwa pada saatberlangsung proses pembelajaran matematika masih ada siswa mengerjakanaktivitas negatif seperti, saat berlangsung diskusi kelompok masih ada siswa yangbercerita dengan teman, dan juga tidak mau saling membantu. Salah satu upayayang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sertameningkatkan aktivitas belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipePair Check. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanaaktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipepair check? (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada hasil belajarmatematika siswa dengan pembelajaran konvensional?. Hipotesis penelitianadalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajarankooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada hasil belajar siswa yangmenggunakan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitiannyaRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruhsiswa kelas VII MTsN Batu Tebal Tanah Datar Tahun Pelajaran 2010/2011.Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Bsebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar yang diberikankepada kedua kelas sampel dan lembar observasi yang digunakan pada kelaseksperimen.Berdasarkan hasil analisis lembar observasi, secara umum terdapatpeningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap pertemuan yang diamati.Berdasarkan analisis hasil belajar diketahui rata-rata hasil belajar kelaseksperimen adalah 57,87 dengan ketuntasan klasikal 68,75% sedangkan padakelas kontrol 50,91 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Berdasarkan hasil ujihipotesis yang dilakukan diperoleh P-Value adalah 0,031. Karena P-Value < α (α= 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif Pair Check lebih baik daripadahasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:31
Last Modified: 25 Sep 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25489

Actions (login required)

View Item
View Item