Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 15 Taratak XII Atar Kec. Pdg. Ganting Kabupaten Tanah Datar

Hellen, Hellen (2011) Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 15 Taratak XII Atar Kec. Pdg. Ganting Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HELLE_50874_2011.pdf] Text
final_B1_HELLE_50874_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal di kelas IV SDN 15 Taratak XII Atar Kec. Pdg
Ganting Kabupaten Tanah Datar banyak siswa kurang aktif dalam pembelajaran
IPS dan materi yang di sampaikan tidak terserap dengan baik sehinggga
menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah, hal ini di karenakan guru lebih
sering menggunakan metode ceramah, guru menyampaikan materi secara klasikal,
guru kurang memberikan variasi dengan model pembelajaran yang lain.Tujuan
penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan cara penggunaan metode problem
solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas
IV SDN 15 Taratak XII Atar Kec.Pdg ganting Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dimana peneliti bertindak
sebagai praktisi dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas.dan
berkolaborasi dengan kepala sekolah dan guru kelas. Perancangan penelitian
meliputi : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4)refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IVB SDN 15 Taratak XII Atar Kecamatan Padang
Ganting yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 11 orang
perempuan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi.
Dari hasil yang di capai selama pembelajaran pada siklus I masih dapat di
kategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena pada hasil belajar siklus I yaitu
6,4. Dan pada siklus II hasil belajar yaitu 7,9. Pada siklus II haasil yang di capai
lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan
demikian maka penggunaan Metode Problem Solving dapat di gunakan sebagai
suatu referensi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:43
Last Modified: 25 Sep 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25480

Actions (login required)

View Item
View Item